Toko online/online shop sekarang sangat familiar ditelinga kita. Dengan membuat toko online keuntungan yang didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangakauan pasar yang luas. Bahkan bisa lebih hemat untuk modalnya. Karena anda bisa menjalankannya tanpa toko real jadi bisa hemat biaya sewa toko. Layaknya toko real, maka toko online adalah tempatnya ada memajang produk jualan anda. Lantas bagaimana caranya untuk sukses menjalankan toko online?
Membuat toko online bisa menggunakan berbagai cara, bisa
dengan software seperti OpenCart, PrestaShop, VirtueMart,dll. Selain software,
bisa dengan layanan blog gratis seperti Blogger, WordPress, dll. Atau bagi anda
yang tidak mau ribet bisa dengan memanfaatkan layanan Shopify, tentu saja anda
dikenakan biaya bulanan.
Apapun pilihan cara anda membuat toko online, yang perlu anda
perhatikan untuk menarik pengunjung adalah desain dan fitur toko online anda.
Desain berpengaruh besar pada hasil penjualan. Buatlah toko online anda seindah
dan senyaman mungkin untuk dikunjungi. Penataan fiturnya enak dipandang,
sehingga pengunjung bisa berlama-lama di online shop anda. Berikut tipsnya :
·
Pilihlah online shop template yang professional, perhatikan
perpaduan warnanya.
·
Perhatiakan penataan display produk yanga anda tawarkan, berilah
informasi yang lengkap tentang produk anda
·
Perpaduan fitur pendukung seperti navigasi, slideshow, banner,
dll
·
Kejelasan cara belanja, cara pembayaran dan metode pengiriman
·
Widget kontak yang jelas untuk mempermudah pembeli menghubungi
anda
2. Pelayanan Customer Service
Pelayanan Customer
Service diperlukan untuk memudahkan pelanggan anda bertanya kepada anda tentang
berbagai hal terkait produk dan layanan toko online anda. Untuk toko online
anda baiknya menjelaskan waktu dan jam buka toko online anda. Sehingga
pelanggan tidak menghubungi anda diluar jam buka tersebut. Beberapa hal yang
penting diperhatikan :
·
Cepat respon pesan dari customer anda
·
Menerima saran dan masukan dari
customer anda
·
Mengucapkan ‘terima kasih sudah
menghubungi kami’ sebelum membalas pesan dari customer
·
Mintalah maaf jika terjadi hal yang
tidak diinginkan walaupun bukan kesalahan anda seperti keterlambatan paket
sampai di alamat tujuan.
Foto
produk yang berkualitas andalah kunci sukses anda menjual produk anda. Berikut
tipsnya :
·
Kualitas foto harus bagus / tidak pecah
·
Berilah tampilan foto dengan warna sebenarnya, jangan terlalu
banyak diedit. Bisa sedikit diberi watermark biar lebih menarik. Tapi, selama
warna foto dan warna aslinya tidak terlalu jauh berubah. Karena terkadang warna
foto lebih gelap/lebih terang dari warna aslinya. Seringkali customer sedikit
kecewa karena warna tidak sama persis seperti yang mereka bayangkan.
·
Lengkapi foto produk dari segala sisi (tampak depan, tampak
belakang dan tampak samping)
·
Sebelum diupload sebaiknya foto dikompres agar tidak berat saat
loading.
4.
Bangun Sistem Reseller
Reseller adalah orang yang membantu menjual
produk anda dengan mendapatkan keuntungan dari diskon yang anda berikan.
Reseller bisa mendongkrak penjualan anda. Keuntungan anda per item lebih
sedikit tapi secara kuantitas produk anda terjual lebih banyak. Yang pasti
buatlah ketentuan reseller yang jelas dan sama-sama menguntungkan kedua belah
pihak. Misal anda memberi batasan minimal order atau anda bisa menentukan
menerima dropsipping atau tidak, dll.
5. Belajar Internet Marketing SEO
Mengapa butuh belajar SEO? Karena 90%
pengunjung berasal dari search engine. Sedikit banyak setidaknya anda harus
mengerti tentang SEO karena manfaatnya sangat besar untuk menaikkan ranking
toko online anda di search engine.
6. Manfaatkan secara maksimal media sosial
Anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, insagram, path, dll untuk mempromosikan produk anda dan mengarahkan pengunjung anda mengunjungi toko online anda.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar